Minggu, 28 September 2008

Bingung Memilih Materi Pembelajaran


Banyak diantara kita yang kadang merasa bingung ketika akan mulai mengajar. Semalam sebelum masuk kelas mungkin kita masih bingung materi apa yang akan kita berikan untuk pembelajaran esok. Hal ini bias terjadi pada sebagian guru, trainer, atau mentor di sekolah-sekolah. Bisa jadi kita hanya terjebak dalam buku-buku paket yang beredar di pasaran. Kita hanya menyampaikan isi dari buku sampai habis pada siswa tanpa faham esensinya. Pokoknya catat buku sampai habis. Lalu apa yang harus kita lakukan, bagaimana cara menentukan materi yang akan kita berikan?


Dalam setiap kegiatan pembelajaran yang akan kita lakukan hendaknya kita menentukan dulu goal/tujuan dari pembelajaran tersebut, sehingga pembelajaran akan benar-benar bersifat goal oriented. Dengan demikian kita tidak akan kebingungan memilih materi yang akan kita berikan pada siswa atau peserta didik lainnya. Sementara materi/content hanyalah alat yang kita gunakan untuk mengantarka peserta didik pada tujuan yang telah kita tentukan.

Contoh kasusnya sebagai berikut. Misalnya kita akan membuat sebuah pelatihan dalam organisasi. Pertama-tama kita tentukan dulu goal dari pelatihan itu. Misalnya kita menginginkan output yang berjiwa kepemimpinan, berfikir sistematis, dan memiliki militansi yang tinggi. Setelah kita mendapatkan goalnya, selanjutnya barulah kita memilih materi yang diberikan.

Dalam contoh kasus di atas, ada tiga goal dari pelatihan itu. Goal yang pertama adalah mendidik peserta agar memiliki jiwa kepemimpinan. Untuk goal ini, kita bisa memberikan materi-materi kepemimpinan misalnya metode perang sun tzu yang sarat dengan ilmu strategi. Selanjutnya goal yang kedua adalah peserta diharapkan memiliki cara berfikir sistematis maka kita bias berikan ilmu manajemen pada mereka. Dan yang terakhir adalah militansi yang tinggi. Untuk goal yang terakhir kita bisa memberikan materi siroh nabawiyah dan menceritakan kisah sahabat-sahabat Beliau SAW yang tetap berjuang walaupun menerima cobaan yang bertubi-tubi.

Kurang lebih begitulah cara menentukan materi. Tentukan dulu tujuannya lalu pilih angkot yang sesuai. Maksudnya tentukan dulu tujuan pembelajarannya lalu pilih materi yang sesuai yang bisa mengantarkan peserta didik pada tujuan pembelajaran.

Tidak ada komentar: